Cara Merawat Kamera Digital Agar Tidak Mudah Rusak

Kamera digital merupakan alat elektronik yang memerlukan perawatan yang ekstra. Hal ini dilakukan agar kinerja kamera bisa tetap terjaga dan tidak mudah rusak. Kamera memiliki komponen yang sensitif sehingga mudah rusak jika kita ceroboh menggunakannya. Seperti lensa, baterai dan charger dan komponen yang lainnya butuh dirawat dengan baik agar awet tidak mudah rusak. Jika kita merawatnya dengan baik maka akan menghasilkan gambar yang bagus yang tentunya sesuai dengan keinginan kita. ada banyak kamera digital yang dijual dipasaran. anda juga bisa mengunjungi situs elevenia yang menyediakan berbagai kamera digital berbagai jenis juga lengkap dengan aksesorisnya. Anda dapat dengan mudah menemukan kamera yang sesuai dengan keinginan anda. harga yang ditawarkan pun bermacam-macam, tergantung tipe dan spesifikasi dari kamera tersebut, yang pastinya bisa disesuaikan dengan kantong anda. berikut ada beberapa cara merawat kamera digital anda, diantaranya:

  1. Kamera dan lensa

Pertama kita harus senantiasa menjaga kebersihan lensa agar menghasilkan gambar yang sempurna. Bersihkan lensa dengan menggunakan cairan khusus untuk lensa. Ketika membersihkannya, jangan langsung disemprotkan ke lensa. Akan tetapi semprotkan dulu ke lap microfiber baru usapkan lap tersebut pada lensa. Jauhkan kamera dari air atau media yang basah lainnya. Karena air akan menyebabkan kamera di dalam menjadi lembab sehingga membuat komponen internal menjadi rusak. Ada juga yang kamera waterproff atau weather sealed yang anti air. Namun bukan berarti anda bisa memasukannya ke dalam air. Gunakan strap pada kamera anda agar terhindar dari resiko jatuh yang tidak sengaja. Pilihlah strap yang nyaman untuk digunakan. Simpanlah kamera di tempat yang kering dan tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Kalau perlu anda bisa menggunakan dry box sehingga bisa terkontrol tingkat kelembapannya. Hindari penyimpanan kamera  di dalam mobil yang cukup lama, apalagi jika mobil tersebut terkena matahari langsung. Karena kamera memiliki rentang suhu aman sedangkan akumulasi panas dalam mobil beresiko melebihi rentang tersebut.

  1. Baterai

Anda juga harus merawat baterai dan charger kamera agar tidak cepat habis. Caranya dengan tidak mengisi daya terlalu lama. Terkadang kita mencas baterai kamera pada malam hari agar bisa digunakan pada pagi harinya, sehingga kita lupa mencabutnya karena ketiduran. Hal seperti ini akan mengurangi daya pakai pada baterai. Selain itu gunakan charger baertai yang asli. Karena yang asli memiliki bagian elektronik yang dapat mengatur arus baterai tetap stabil. Hal ini tidak dimiliki oleh charger baterai kamera yang palsu. Jangan mengisi baterai ketika daya masih dalam keadaan penuh, jika dilakukan akan merusak baterai. Alangkah lebih baik jika mengisi baterai ketika daya baterai sudah mencapai dua puluh persen, sehingga pengisian daya baterai tidak terlalu cepat dan baterai menjadi tahan lama. Simpanlah baterai pada suhu ruangan normal. Bisa disimpan bersama kamera disa juga disimpan di dalam dry box.

Keawetan kamera tergantung juga dari cara pemakaiannya. Jika kita memakainya dengan apik dan tidak jorok, maka kamera pun akan selalu terjaga kualitasnya. Jika ingin kamera anda disambungkan dengan komputer, sebaiknya baterai di copot. Karena kamera digital juga memiliki komputer juga di dalamnya sehingga bisa jadi tidak tahan terhadap perubahan arus listrik yang mendadak. Ketika ingin mengeluarkan baterai atau memory card, maka kamera harus dimatikan terlebih dahulu. Jika anda menggunakan kamera didekat pantai, harap di bersihkan setelah anda selesai memotret. Karena kandungan garam dilaut bisa membuat komponen logam yang ada di kamera bisa berkarat. Untuk itu kita harus benar-benar membersihkannya dengan meng-lap sisa garam yang menempel pada kamera dengan lap basah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*